Sabtu, 19 Maret 2016

THE WHITE PAAL: Asian Taste in One Bite

Ada mitos yang mengatakan kalau kita belum bisa dikatakan pergi ke Jogja kalau belum foto di tengah-tengah tugu. Monumen bersejarah yang menjadi ikon kota Yogyakarta ini emang nggak pernah sepi dikunjungi wisatawan yang ingin mengabadikan momennya di sini. Mendengar mitos tersebut, saya pun bergegas mengemasi barang untuk dibawa ke tugu. Namun, karena saya tidak suka difoto, alhasil saya mlipir ke salah satu restoran muda di dekat tugu. “The White Paal”-lah nama restoran Asia yang berada di barat Tugu Jogja ini.



Kalau pernah mendengar nama Chef Lucky yang memenangkan perlombaan memasak terakbar di Indonesia, Master Chef Indonesia Season 1. Maka, kalian tidak akan asing dengan restoran yang didirikan oleh chef handal ini. Makanya, bisa dibilang kalau hampir semua menu di The White Paal adalah resep asli hasil racikan tangan Chef Lucky. Sehingga rasa yang dimiliki oleh makanan di restoran menengah ke atas ini jauh lebih orisinil dibandingkan makanan serupa. Tidak hanya itu, faktor unik dari restoran ini adalah konsepnya yang belum banyak ditemukan di Jogja, yakni Asian Resto. Kita akan menemukan banyak masakan khas Thailand, Singapura, Malaysia, India dan tentunya Indonesia di restoran ini. Namun, dengan sedikit sentuhan kreatif dari Chef Lucky. Pasti penasaran kan seperti makanan yang disajikan. Ini dia beberapa menu yang ada!

Shrimp Paste Salmon

Mendengar namanya yang kebule-bulean mungkin akan menganggap menu pasta yang satu ini nggak jauh beda dengan pasta-pasta lainnya. Awalnya saya juga mengira begitu, tapi jangan salah, ternyata pasta ini dilumuri dengan bumbu terasi yang khas dan unik. Saya sempat kaget juga ketika mendengarnya, takutnya rasa dari bumbu terasi jadi tidak balance dengan pastanya. Namun, setelah mencicipi sendok pertama, rasanya sangat seimbang dan tidak berantem di mulut. Bumbu terasinya ringan dan creamy, pas dengan pasta yang lembut dan salmon yang gurih. Menu ini bisa didapatkan seharga Rp. 45.000.

Green Mussels Coconut

Bisa dikatakan kalau menu ini menjadi salah satu pelopor menu kerang hijau di Yogyakarta. Di-supply oleh nelayan-nelayan lokal, membuat kerang hijau yang direndam dalam kuah santan kelapa yang kental dan ringan ini menjadi lebih lezat. Kuahnya sangat ringan, pas untuk menemani kerang-kerang hijau yang berendam di dalamnya. Namun, menurut lidah saya, kuah Green Mussels Coconut ini masih sedikit terlalu kental. Sehingga rasanya yang ringan seakan diberatkan oleh kekentalannya. Padahal semua elemen yang ada telah seimbang dan sesuai dengan lidah Indonesia. Selain itu, menu ini sangat kaya akan rempah-rempah lokal. Membuatnya jadi lebih Indonesia banget. Menu ini bisa didapatkan seharga Rp. 28.000.

Ratu Pantai Selatan

Walaupun minuman ini punya nama yang cukup seram karena mengambil tema Pantai Selatan. Namun minuman yang serba hijau ini tidak seseram kedengarannya kok. Warna hijau yang identik dengan ratu pantai selatan ini ternyata didapat dari mentimun, biji selasih, daun mint dan kiwi. Sehingga warna hijau yang dimilikinya masih alami dan menyegarkan mata yang melihatnya. Pantas saja kalau minuman yang menjadi salah satu favorit di The White Paal ini tidak dibuat sembarangan. Minuman ini bahkan diracik langsung oleh bartender yang berpengalaman. Sehingga rasa yang dihasilkannya tetap berkualitas dengan harga yang rasional, yakni Rp. 25.000.

Intinya, meski restoran ini masih tergolong muda karena baru resmi dibuka di awal tahun 2016 ini. Namun, restoran yang berdekatan dengan Tugu Jogja ini menjadi restoran yang punya potensi besar untuk dikenal banyak orang. Buktinya tempat ini ramai didatangi pengunjung. Jadi, segera ke The White Paal untuk merasakan sensasi cita rasa Asia dalam satu kunyahan.





THE WHITE PAAL RESTO
Specialty: Asian Cuisine
Location: Jl. Diponegoro No. 31 Yogyakarta (Depan Pandan Leaf Kranggan)
Open: 11.00 – 23.00 WIB
Price: Rp. 18.000 – Rp. 55.000
Contact: @TheWhitePaal (Instagram) | @TheWhitePaal (Instagram) | 08124305988 (WhatsApp) | (0274) 589389 (Phone)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar